Monday, March 19, 2007

Marketing Strategic (Strategi Marketing)

4. Strategi Pemasaran
Menurut Tuli dan Kahle (dalam Tjiptono 1999 : 6), strategi pemasaran dimaksudkan sebagai :
‘Alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui proses yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut”
Sedangkan menurut Corey dan Dolan (dalam Tjiptono, 1999 : 6) strategi pemasaran terdiri atas lima elemen yang saling terkait yaitu (1) pemilihan pasar yang dimulai dengan segmentasi pasar kemudian memilih pasar sasaran untuk dilayani (2) perencanaan produk, meliputi produk spesifik, pembentukan lini produk dan desain penawaran individual pada asing-masing lini, (3) penetapan harga yang mencerminkan nilai kuantitatif dari produk (4) system distribusi dalam saluran perdagangan grosir dan eceran yang dilalui produk hingga mencapai konsumen akhir. (5) komunikasi pemasaran/promosi.
Menurut Rangkuti (2000 : 48) dalam merumuskan strategi dinyatakan :
“Perumusan strategi pemasaran didasarkan pada analisis yang menyeluruh terhadap pengaruh factor lingkungan eksternal dan internal perusahaan. Lingkungan eksternal perusahaan setiap saat berubah dengan cepat sehingga melahirkan berbagai peluang dan ancaman baik yang dating dari pesaing utama maupun iklim bisnis yang senantiasa berubah. Konsekuensi perubahan factor internal perusahaan , seperti perubahan terhadap kekuatan maupun kelemahan yang dimiliki perusahaan tersebut”

Dengan demikian dalam menyusun strategi pemasaran, factor-faktor yang harus diperhatikan oleh perusahaan atau produsen antara lain :
a. Pelanggan saran, dengan senantiasa selalu berupaya untuk memuaskan para pelanggan.
b. Bauran pemasaran dengan mengembangkan bauran pemasaran sebagi alat pemasaran untuk mencapai sasaran yang dituju.
c. Sistem pemasaran, meliputi system informasi, system perencanaan, system organisasi dan system pengendalian yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya.
d. Lingkungan mikro yaitu beradaptasi dengan perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
e. Lingkungan makro, meliputi kekuatan demografi/ ekonomi, kekuatan politik dan hokum, kekuatan fisik / teknologi dan kekuatan social budaya.

No comments: