Monday, March 19, 2007

Pemasaran (Marketing)

2. Pemasaran (Marketing)
Beberapa ahli memberikan definisi pemasaran .
Menurut Winardi (1989), definisi pemasaran dinyatakan sebgai berikut :
“ Pemasaran terdiri dari pelaksanaan aktivitas bisnis yang mengallihkan barang atau jasa dari pihak produsen ke pihak konsumen atau pemakai”

Selanjutnya, Marwan Asri (1991), memberikan definisi pemasaran yaitu :
“Pemasaran adalah usaha terpadu untuk mengembangkan strategi yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba”

Sedangkan Rangkuti (1999) menyampaikan :
“Pemasaran adalah suatu proses kegiatan yang dipengaruhi oleh berbagai factor social, budaya, politik, ekonomi dan manajerial. Akibat dari berbagai factor tersebut adalah masing-masing individu maupun kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan dengan menciptakan, menawarkan dan menukarkan produk yang memiliki nilai komoditas”.

Walaupun ada perbedaan-perbedaan antara produk jasa dengan produk manufacturing namun pada perinsipnya pemasaran secara umum tetap menjadi dasar bagi pemasaran jasa, karena apa yang berlaku pada pemasaran barang akan berlaku juga bagi pemasaran jasa. Hal ini sesuai dengan apa yang dinyatakan oleh Stanton (1984 : 493) sebagai berikut :
“In Concept, product marketing and service marketing are essensially the same moreover,there often practice however, significant differences do exist between product marketing and services marketing. The strategis and practice used in conventional product marketing often are inappropriate for service marketing.

Menurut Philip Kotler (1985 : 14) Pengertian pemasaran terdiri dari Penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program yang menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.
Dari beberapa definisi pemasaran tersebut, dimaksudkan bahwa pemasaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Pemasaran akan berhasil apabila selalu diarahkan pada upaya pemuasan kebutuhan dan keinginan konsumen. Konsumen akan merasa puas apabila barang dan jasa yang dibelinya sesuai denga persyaratan yang diinginkannya. Makin banyak criteria dan persyaratan yang dipenuhi produsen, makin besar kemungkinan terjadinya transaksi.
Keberhasilan pemasaran suatu barang dan jasa, pada dasarnya merupakan perpaduan yang serasi antara kualitas, harga dan penyaluran serta aktivitas perusahaan dalam mempromosikan barang dan jasa tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya suatu rumusan strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan kondisi perusahaan dalam lingkungan bisnis yang ada, sehingga pemasaran produk dapat berhasil mencapai target.

No comments: