Monday, March 19, 2007

Strategi (Strategic)

3. Strategi
Salah satu tulisan terbaik mengenai definisi strategi adalah “What is Strategy ?” oleh Porter, (Porter, 1996). Porter membedakan dua hal yang sering disamakan dalam dunia manajemen, yaitu strategi (strategy) dan efektivitas operasional (operational effectiveness). Strategi didefinisikan sebagai :
“performing different activities from rivals’ or performing the same activities in different way”.
Sedangkan efektivitas operasional didefinisikan sebagai “performing similar activities better than rivals perform them. It is includes but is not limited to efficiency. It referes to any number of practices that allow a company to better utilize it imputs by, for example, reducing defects in products or developing better products faster”

Walaupun demikian, Porter mengungkapkan bahwa kedua sama sama penting untuk mencapai keunggulan kompetitif
Definisi strategi yang lain diberikan oleh Thompson Jr, Strickland III, dan Gamble. Strategi didefinisikan sebagai :
“competitive moves and business approaches that managers employ to attract and please customers, compete succesfully, grow the business, conduct operations, and achieved objectives”, (Thompson Jr, Strickland III, Gamble, 2005).
Jika dianalisis lebih lanjut, definisi ini hampir sejalan dengan gabungan definisi strategi dan efektivitas operasional versi Porter.
Definisi yang lebih umum diberikan oleh Wheelan dan Hunger. Strategi didefinisikan sebagai :
“a comprehensive master plan stating how the corporation will achieve its mission and objectives. It maximizes competitive advantage and minimizes competitive disadvantage”, (Wheelan, Hunger, 2004).
Definisi yang hampir sejenis juga diberikan oleh Johnson, Scholes, dan Whittington, di mana strategi didefinisikan sebagai
“Direction and scope of an organization over the long term, which achieves advantage in a changing envioronment through its configuration of resources and competences with the aim of fullfilling stakeholder expectations”, (Johnson, Scholes, Whittington, 2005).
Berdasarkan berbagai definisi di atas, hanya ada satu kata yang disepakati, yaitu keunggulan kompetitif (competitive advantage), yaitu sesuatu yang membuat perusahaan lebih unggul dibanding dengan kompetitornya dengan memperhatikan lingkungan kompetisi bisnis atau memiliki langkah-langkah analisis, serta pilihan-pilihan stratejik.
(Riri Satria : Jurnal Sistem Informasi, Vol. 2, No 1, April 2006)
Dengan demikian, strategi merupakan suatu rencana yang disusun secara terpadu dalam merespon peluang dan ancaman eksternal serta kekuatan dan kelemahan internal, yang dilakukan secara terus menerus berdasarkan sudut pandang harapan pelanggan dimasa depan, untuk mencapai tujuan utama perusahaan

No comments: